Tutorial Cara Menginstal Dropbear di VPS Centos Lengkap

Tutorial Cara menginstal Dropbear yang lengkap di VPS Centos 5 dan 6 32Bit

8 Langkah Simple Cara Instal Dropbear Yang Benar Terbaru 2017


Dropbear adalah Fitur yang yang terdapat dalam sebuah VPS dan di perlukan untuk mengaktifkan beberapa Port selain Open SSH yang menggunakan Port 22. Sedangkan dalam Dunia Tunnelin SSH Dropbear sendiri pada umumnya menggunakan Port 443 dan 80, kita bisa merubahnya sesuai dengan keperluan kita. Namun jika kita ingin mengaktifkan Port 80 pada Dropbear, maka kita harus mematikan port tersebut jika terkait dengan Program lain, karena biasanya Port 80 sering digunakan untuk program Apache pada server. Kita bisa merubah port Apache dengan 81, kemudian menggunakan port 80 sebagai dropbear. Sedangkan OpenSSH menggunakan Port 22 sebagai Port Defaultnya, OpenSSH Sudah otomatis terinstal di sebuah VPS karena kita memerlukan OpenSSH Untuk mengakses server tersebut. Mengakses sebuah VPS dapat kita lakukan melalui Putty atau Console Default VPS jika diberikan oleh Penyedia Layanan VPS.
Bagaimana cara kita agar dapat menginstal Dropbear dan memulai penjualan akun SSH ? maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Tutorial tentang Cara bagaimana kita Menginstall Fitur Dropbear pada VPS khususnya dengan OS Centos 5 dan 6 32 Bit.

Oke langsung saja kita masuk ketahap-tahap Penginstallan berikut ini :

Langkah Pertama
Login VPS Anda mengguanakn Console Putty, Console Bitvise atau console default di Web Penyedial Layanan VPS dengan menggunakan Akses root, masukkan username dan password yang dimiliki.

Langkah Kedua
Setelah Anda berhasil melakukan Login, Silahkan Copy terlebih dahulu code di bawah ini dan masukkan ke command console.

yum -y update

Code diatas Bertujuan untuk melakukan Update terhadap komponen yang dimiliki oleh VPS nya

Langkah ketiga
Masukkan kode berikut dibawah ini, untuk melakukan update repository.

rpm -Uvh http://ftp-stud.hs-esslingen.de/pub/epel/6/x86_64/epel-release-6-8.noarch.rpm

Langkah diatas bertujuan untuk mengupdate Repository dari VPS anda agar dropbear bisa diinstal nantinya, karena banyak kasus yang tidak bisa menginstall Dropbear karena Repository tidak di update.

Langkah Keempat
Lakukan Penginstallan Dropbear dengan mengetikkan Perintah Menginstall Dropbear,,

yum -y install dropbear

Tunggu Proses Installan Sampai Selesai...
Langkah Kelima
Setelah Proses Instal Dropbear Selesai, Selanjutnya kita akan menginstal Program Nano yang dimaksudkan untuk mengedit Config Dropbear nantinya, cara install nano berikut di bawah ini

yum -y install nano

Nano sendiri berfungsi layaknya Notepad yaitu untuk melakukan pembuatan sebuah file.
Tunggu Sampai Proses Installan selesai...

Langkah keenam
Setelah selesai sekarang kita akan membuat Config Dropbearnya dengan menggunakan Nano yang telah diinstal sebelumnya. caranya ? langsung saja ketikkan/copy paste code perintah yang di bawah ini.

nano /etc/sysconfig/dropbear

Setelah itu akan terbuka Form Kosong layakanya Notepad di Konsole kamu, dan Tugas kamu adalah mengisi Form tersebut dengan data Config Dropbear yang disediakan dibawah, Silahkan Copy Paste Config data Dropbear di bawah ini :

NO_START=0
OPTIONS="-p 443 -p 109 -W 1024000 -K 3600 -I 3600 "
#sshinject silahkan ubah port berapa saja dengan perintah -p angkaport
DROPBEAR_BANNER=""
#DROPBEAR_RSAKEY="/etc/dropbear/dropbear_rsa_host_key"
#DROPBEAR_DSSKEY="/etc/dropbear/dropbear_dss_host_key"
DROPBEAR_RECEIVE_WINDOW=65536


PENTING !!
CARA MELAKUKAN COPY DATA PADA VPS MENGGUNAKAN CONSOLE TERUTAMA PUTTY ADALAH SILAHKAN DI BLOK SEMUA DATA YANG INGIN DICOPY TERESBUT KEMUDIAN PILIH COPY ATAU BISA LANGSUNG DENGAN MENEKAN CTRL + C LALU PERGI KE FORM CONSOLE DAN LANGSUNG SAJA KLIK KANAN DI MOUSE, NANTI AKAN SECARA OTOMATIS TERCOPY, BIAR GAK SUSAH TULIS-TULIS LAGI.

Pada data Config yang ada diatas kita bisa melihat ada angka -p 443 dan -p 109, itu artinya kita akan menginstal dropbear denga Port 443, dan Port 109. anda bisa merubahnya sesuai keinginan ataupun menambahkannya dengan cara memasukan code -p kemudian angka port contoh : -p 80

Setelah itu SAVE CONFIG DROPBEAR DENGAN CARA TEKAN (CTRL + X ) kemudian tekan Y dan Enter

Langkah ketujuh
Setelah Config Dropbear berhasil kita buat sekarang kita akan menstart/mengaktifkan Dropbearnya dengan Cara ketikkan perintah dibawah berikut :

service dropbear start

Tunggu sampai muncul (Service Dropbear Start.....Ok)

Langkah kedelapan
Selanjutnya pada langkah ini kita akan membuat Dropbear nya menjadi otomatis Menyala setiap kali VPS melakukan Restart atau Boot VPS dengan Cara Ketikkan Perintah Berikut :

chkconfig dropbear on

Selesai..

Melakukan penginstallan Dropbear sangatlah mudah, apalagi dengan adanya tutorial ini, saya berharap dapat membantu teman-teman untuk melakukan Pemograman pada VPS. Sekedar info, tempat saya membeli VPS, saya merekomendasikan beberapa penyedia layanan VPS, seperti Vultr, dan Digital Ocean. Kelebihannya adalah mereka menyediakan sistem billing per/jam, yang bisa membuat kita lebih hemat dalam memanage budget. Kita dapat membuat VPS kapan saja, dan menghapusnya kapan saja. Kemudian mereka juga menyediakan Promo untuk pelanggan pertama dengan $10 diberikan kepada setiap pelanggan yang belum pernah mendaftar. dengan $10 ini anda dapat membuat VPS RAM 1GB dengan BW1TB sebanyak 2 buah untuk 1 Bulan. Sangat murah bukan.

Cukup Sekian itulah update kita pada kesempatan kali ini, semoga dapat berguna. Tetap Terus Kunjungi SSHInject.com untuk mendapatkan artikel-artikel lainnya yang bermanfaat.
SSHInject juga selalu memberikan update Config Tunneling HTTP Injector buat para pengguna Setia HTTP Injector.
Labels: VPS
0 Komentar untuk "Tutorial Cara Menginstal Dropbear di VPS Centos Lengkap"

Komen Jangan Pake Link yah, yang relevan aja :)

Back To Top